Organisasi & Arsitektur Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan menghasilkan keluaran informasi  yang  dihasilkan setelah diolah.

Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

 

Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri.

Unit-unit tersebut yaitu:

  • Masukan
  • Memori
  • Aritmetika dan Logika
  • Keluaran
  • Kontrol

 

Fungsi unit-unit :

  • Masukan, menerima informasi yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-aloat elektromekanik seperti  papan ketik  pada  suatu terminal  video, atau dari  komputer-komputer  lain lewat  jalur  komunikasi  digital
  • Memori, tempat untuk menyimpan langkah-langkah pengolahan yang ditentukan oleh program
  • Aritmetika dan Logika, mengolah informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan kelak melaksanakan operasi yang diinginkan
  • Keluaran, mengeluarkan akhir dari hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali
  • Kontrol, pengkoordinasi seluruh kegiatan

 

Struktur Komputer

Struktur  internal  komputer terdapat empat struktur utama:

  • Central  Processing Unit  (CPU), berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi  komputer  dan pusat  pengolahan fungsi  – fungsi  komputer. Kesepakatan, CPU  cukup disebut  sebagai processor (prosesor) saja.
  • Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
  • I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
  • System  Interconnection, merupakan sistem  yang  menghubungkan CPU, memori  utama dan I/O.

 

Fungsi Komputer

  • Fungsi Operasi Pengolahan Data
  • Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  • Fungsi Operasi Pemindahan Data
  • Fungsi Operasi Kontrol

 

Kinerja Komputer

Kinerja  sebuah sistem  komputer  merupakan hasil proses  dari  seluruh komponen komputer, yang  melibatkan CPU, memori  utama, memori  sekunder, bus, peripheral.

Dari  segi perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua sistem komputer saat ini meliputi :

  •  Pengolahan citra
  • Pengenalan voice atau pembicaraan
  • Video conference
  • Mulitimedia
  • Transfer data

 

Yang  menakjubkan lagi  adalah dari  sudut  pandang  organisasi  dan arsitektur  komputer saat  ini  adalah mirip dengan komputer  IAS  yang  dibuat  sekitar  50 tahun lalu, namun perkembangan dan kecanggihannya  dapat  kita  rasakan sekarang  ini.

 

Peningkatan kinerja mikroprosesor  ini  terus  berlanjut  tidak  kenal  henti  dengan berbagai  teknik  yang  telah dikembangkan, diantaranya :

  •  Branch Prediction, teknik dimana prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software  dan melakukan prediksi  percabangan atau kelompok  instruksi  yang  akan dieksekusi berikutnya.
  • Data Flow Analysis, prosesor akan menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
  • Speculative  Execution, dengan modal  prediksi  cabang  dan analisis  data, maka  prosesor  dapat melakukan eksekusi spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya.

 

Organisasi Komputer

Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

 

Contoh Organisasi Komputer

  • Teknologi hardware
  • Perangkat antarmuka
  • Teknologi memori
  • Sistem memori
  • Sinyal – sinyal kontrol

 

Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

 

Contoh Arsitektur Komputer

  • Set instruksi
  • Aritmetika yang dipergunakan
  • Teknik pengalamatan
  • Mekanisme I/O

 

Perbedaan Utama

Organisasi Komputer

  •  Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
  • Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal kontrol

Arsitektur Komputer

  • Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer

Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: